SIT Permata Kota Mojokerto

Haflah Ikhtitam

HAFLAH IKHTITAM XV SDIT PERMATA MOJOKERTO

Dihadiri Kepala Disperindag Kota Mojokerto, SDIT PERMATA MOJOKERTO melaksanakan Haflah Ikhtitam XV bertabur kemeriahan dan terlaksana dengan Gemilang. Sabtu (11/6) bertempat di hall Hotel De Resort, Haflah Ikhtitam XV yang diselenggarakan SDIT Permata Mojokerto berjalan dengan lancar dan sukses.

Di mulai dengan rangkaian acara pembukaan yang dimeriahkan hadirnya siswi dari kelas 4 dengan Tarian Saman yang mampu memukau undangan yang sudah hadir. Selanjutnya undangan di hibur dengan penampilan nasyid 10 siswa perwakilan dari kelas 1, 2, dan 3.

Dengan penuh hikmat, rangkaian acara pembukaan ini diakhiri dengan tilawah ananda Abdurrahman Umar Al Faruq dan Sari tilawah oleh ananda Husna Fidelya HS. Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama kali disampaikan oleh Kepala Sekolah SDIT Permata Mojokerto, Nur Aisyiyah.

Dalam sambutannya, dikatakan bahwa potensi anak-anak sangat beragam untuk menjadi pemimpin penerus bangsa. Ia juga mengatakan, semoga anak-anak bisa memaksimalkan potensi mereka dan menjadi permata-permata yang indah.

Ia juga mengingatkan agar anak-anak tidak meninggalkan sholat dan senantiasa membaca Al-Quran di mana pun mereka berada. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada wali murid yang telah menitipkan anak-anaknya kepada kami, dengan segala kekurangan dan kelebihan kami. Semoga persaudaraan ini tetap terjalin, meski sudah tidak menjadi bagian dari keluarga besar permata,” ucapnya.

Seusai sambutan dari Kepala Sekolah SDIT Permata, dilanjut sambutan dari ketua yayasan Permata, H. Makhfud Kurniawan. Ia bercerita banyak mengenai pengalamannya ketika di Jepang dan bahwa kita-kita ini sangat bisa untuk melampaui kualitas orang-orang Jepang.

“Anak-anak sekalian, dunia kalian terbentang luas. Kalian bisa jauh lebih hebat dari kami, untuk berprestasi lebih tinggi, dan menaklukan dunia di bawah tangan-tangan kalian,” tegasnya. Ia juga menekankan anak-anak untuk berbakti kepada orangtua, di manapun mereka berada nanti berbakti kepada orangtua adalah hal yang utama. Karena menjadi apapun mereka nanti, tanpa berbakti kepada orangtua, mereka tidak akan bisa merasa bahagia.

Haflah Ikhtitam

Kejutan rangkaian acara ini adalah adanya kaleidoskop berisi kumpulan foto-foto murid kelas 6 SDIT Permata secara singkat. Seakan mengingatkan kembali kepada anak-anak bagaimana mereka tumbuh dan berkembang selama berada di SDIT PERMATA MOJOEKRTO. Ada haru, ada bahagia, ada canda dan ada tawa, ada tangis ada sedih. Inilah awal perjalanan panjang kehidupan.

Sambutan kembali diberikan oleh Kepala Pengawas SD, Mulyo Slamet S.Pd, M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto yang berhalangan hadir. Melalui sambutannya ini, ia membeberkan sedikit mengenai kurikulum baru yang akan digunakan pada tahun ajaran mendatang, yang mana akan mengutamakan kolaborasi dibanding persaingan.

”Siswa-siswa yang menempati peringkat-peringkat terbaik akan merasa bangga, sedangkan mereka yang tidak akan diam. Sehingga nanti pada kurikulum baru, yang bernama kurikulum merdeka ini, siswa yang pintar akan mengajari siswa yang belum pintar. Sehingga ustadz dan ustadzah nanti harus sanggup melayani kebutuhan siswa. Nah disinilah nanti akan ada kolaborasi,” ungkapnya sekaligus sebagai penutup sambutannya.

Tibalah saat yang sangat membanggakan orang tua. Siswa-siswi kelas 6 ini serentak maju ke panggung untuk hifdzil dan dzikir asmaul husna yang berlangsung khusyuk dan khidmat.

Dilanjutkan dengan penyematan gordon. Sembari dibacakan pula cita-cita dan motto hidup masing-masing siswa-siswi. Jumlah siswa-siswi yang diluluskan tahun ini, 118 orang, dengan rincian 57 siswi dan 61 siswa.

Prosesi rangkaian penyematan gordon ini penuh dengan riuh rendah celoteh siswa-siswi yang riang karena berhasil menyelesaikan studi tingkat sekolah dasarnya. Kemudian sambutan yang keempat disampaikan oleh Ani Wijaya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto yang sekaligus wali murid kelas 6.

Ia mengatakan bahwa ia memasukkan dua anaknya ke SDIT Permata adalah karena sekolah ini merupakan representatif pendidikan yang sukses di dunia maupun akhiratnya, juga guru-guru SDIT Permata yang penuh ketulusan dan keikhlasan.

“Oleh karena itu saya berterimakasih kepada ustadz dan ustadzah yang mengajarkan anak-anak kami menjadi anak-anak yang cinta Al-Qur’an dan semoga ilmu dari ustadz dan ustadzah sekalian menjadi amal jariyah untuk orangtuanya,” terangnya mengutip dari ucapan Ika Puspitasari, Walikota Kota Mojokerto.

Haflah Ikhtitam

Puncak acara adalah persembahan terakhir dari seluruh siswa-siswi kelas 6 dengan menyanyikan lagu “kasih sayang ayah ibu dan sampai jumpa” di atas panggung, kemudian mereka turun menghampiri dan memberikan bunga kepada orangtua masing-masing, sebagai simbol persembahan anak kepada orangtua.

Seluruh orang tua terharu dan tersentuh karena perasaan bangga serta menjadi perwujudan rasa kelegaan orangtua. Rangkaian puncak acara Haflah Ikhtitam XV ini berakhir dengan diberikannya penghargaan atas capaian-capaian dari siswa-siswi kelas 6.

Yang pertama adalah Penghargaan Capaian Hafalan Terbanyak, diraih oleh Nagya Clarisha Azzah Rohtus Syifa dari kelas 6A, yang mempunyai hafalan 15 juz 13 halaman. Sedangkan dari siswa laki-laki, Penghargaan Capaian Hafalan Terbanyak didapat oleh Akhtarafa Ghauzi Hamizam Musyaffa dari kelas 6C dengan jumlah hafalan 11 juz.

Penghargaan yang selanjutnya adalah nilai rata-rata terbaik, diraih oleh Rahmita Amalia Ilmi dari kelas 6B dengan nilai rata-rata 95,62. Lalu dari siswa laki-laki diraih oleh Akhtarafa Ghauzi Hamizam Musyaffa kelas 6C dengan nilai rata-rata 92,15.

Selain capaian hafalan terbanyak dan nilai rata-rata terbaik, diumumkan pula siswa-siswi berprestasi yang berhasil memenangi lomba-lomba di luar sekolah. Nama-nama siswa tersebut adalah sebagai berikut:

Salmeena Zahda berhasil masuk nominasi Lomba Dakwah Digital IKADI 2021

Nadia Callysta Putri Firzanah menyabet dua kejuaraan lomba sekaligus, yaitu juara 2 renang 100 meter dan juara 3 Renang 50 meter Gaya Bebas Putri, SCM- Grup 3 dalam rangka Kejuaraan Renang Piala PRSI Kabupaten Madiun Tahun 2022

Amira Dinda Nuramalina yang juga memenangi dua lomba yang berbeda, yaitu juara 1 Lomba Public Speaking Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Darul Fikri Islamic Festival (DIFEST) dan juara 1 English Speech Contest 2021 Tingkat SD yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga

Aqila Hasna Rufaida memenangi juara 2 Olimpiade Matematika & Sains Tingkat SD Se-Kota Mojokerto yang diselenggarakan oleh Mojo Olympic Festival

Raihanah Adzkiya Istisyhad meraih juara 3 Lomba Menulis Surat untuk Wali Kota Mojokerto yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Mojokerto

Hafizh Al Hanif juga mengantongi juara 1 Olimpiade Matematika & Sains Tingkat SD Se-Kota Mojokerto yang diselenggarakan oleh Mojo Olympic Festival

Nico Putra Pramana memperoleh juara 3 Lomba Roket Air Mini Pameran Aero Modeling

M. Wildan Sururi menjuarai juara harapan 3 Lomba KSN Matematika Tingkat Kota Mojokerto

Banyaknya capaian prestasi siswa SDIT Permata ini tentu menuai decak kagum dan mengundang tepuk tangan meriah baik dari wali murid maupun dari kalangan siswa. Usai sesi foto dan pemberian hadiah kepada siswa-siswi berprestasi tersebut, acara Haflah Ikhtitam ini ditutup dengan pemberian kesan pesan oleh kelas 6 yang diwakili oleh Amira Dinda Nuramalina.

Dalam menyampaikan kesan pesannya, ia mengucapkan terimakasih yang tulus atas ilmu yang telah ia dapat dan semoga ilmu-ilmu tersebut menjadi amal baik bagi ustadz dan ustadzah yang telah mengajar mereka. Mewakili seluruh siswa kelas 6, ia juga meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan mereka yang tentu sering berbuat jelek.

“Namun, semoga capaian prestasi kami tadi ini dapat menjadi hadiah bagi ustadz dan ustadzah sekalian yang telah sabar mengajar kami,” tutupnya sekaligus sebagai penanda telah berakhirnya rangkaian acara Haflah Ikhtitam XV SDIT Permata Mojokerto.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*


YouTube
Instagram
WhatsApp