SIT Permata Kota Mojokerto

BUSSINESS CHALLENGE MA Permata

MA MENCETAK YOUTHPRENEUR MELALUI BUSSINESS CHALLENGE

Sabtu (13/11/2021) telah dilaksanakan agenda Workshop Business “Start Be A Young Entrepreneur” di Pendopo Kantor Walikota Mojokerto. Acara tersebut merupakan salah satu interpretasi komitmen MA Permata untuk mencetak Youthprenur yang inovatif, kreatif, solutif, dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama.

Selain diikuti oleh seluruh siswa-siswi MA Mojokerto, juga dibuka untuk seluruh pemuda Mojokerto usia 14-21 tahun. Workshop ini merupakan pembuka dalam rangkaian kegiatan Business Challenge. Selanjutnya, peserta workshop secara berkelompok akan menjajaki tantangan berupa Business Idea, Bussiness Planning, Business Action, Laporan Akhir, sampai akhirnya pengumuman pemenang.

Rencananya sebagian keuntungan dari hasil penjualan seluruh kelompok akan diwakafkan. Tujuan dari hal tersebut adalah selain untuk melatih pemuda dalam berbisnis, juga membiasakan untuk bersedekah. Sehingga peserta mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni duniawi dan ukhrowi.

Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al-Lail : 17-18 yang artinya “Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu. (yaitu) yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya.”

Kegiatan pembekalan bisnis ini dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00. Dalam rentang waktu tersebut, seluruh peserta menggali ilmu dari narasumber dan juga ada sesi tanya jawab. Narasumber tunggal yang dihadirkan  ialah Youmi Arinta Riyadi selaku owner oi.thaitea.

BUSSINESS CHALLENGE MA Permata
Sharing bisnis dari Youmi Arinta Riyadi selaku owner oi.thaitea. Sumber: Dok. Pribadi

Youmi menyampaikan beberapa strategi dalam memulai bisnis, tips dan trik mempertahankan dan mengembangkan produk, serta berbagi pengalaman menjadi wirausahawan muda. Ia juga menyampaikan kepada peserta bahwa “Mimpi besar jangan hanya di angan, tetapi wujudkan”.

Tantangan pertama dalam berbisnis menurut Youmi adalah memulai. Sekecil apapun ide bisnis, eksekusilah. Karena jika ide itu dieksekusi orang lain maka hanya tersisa penyesalan. Youmi juga menambahkan bahwa setiap pilihan pasti ada resiko, pun dengan bisnis.

Jangan takut menghadapi resiko dan permasalahan yang timbul. Di balik permasalahan pasti ada berkah. Membangun bisnis tidak melulu tentang omset, tetapi value of struggle dan keberkahannya juga tak kalah penting.

BUSSINESS CHALLENGE MA Permata
Peserta sedang menyimak pemaparan bisnis oleh Mbak Youmi. Sumber: Dok. Pribadi

Kelancaran Workshop kali ini tentu tidak lepas dari peran pengurus MPK-OSIS MA Permata beserta jajaran sponsorship. Oleh karena itu, apresiasi setinggi-tingginya patut diberikan. Semoga keberkahan senantiasa mengiringi setiap derap langkah kita. Aamin


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*


YouTube
Instagram
WhatsApp