SIT Permata Kota Mojokerto

MA Permata Ajak Asah Berpikir Kritis Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Ada yang menarik dalam semester genap tahun pelajaran 2021-2022 di MA Permata Mojokerto kali ini. Tahun ini, siswa-siswi berlomba untuk melakukan penelitian dan menyusun karya tulis ilmiah. Kegiatan ini merupakan bagian dari Annual Project Eleventh Grade of MA Permata. Penulisan karya tulis ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, memperkaya bahan bacaan, menulis dengan sistematis, hingga mempertanggungjawabkannya. Sehingga terbentuk karakter siswa yang cerdas, pantang menyerah, dan tangguh di setiap tantangan.

Proses penulisan karya dimulai dengan penentuan kelompok dan tema penelitian pada tanggal 1-7 Maret 2022. Ada 12 kelompok yang masing-masing beranggotakan dua orang. Tema penelitian dibagi menjadi tiga bidang, yakni Ilmu Keagamaan Islam (Religious Studies), Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (Math, Science, and Technological Development). Selanjutnya, siswa melaju pada tahap fiksasi judul dan pembinaan pada tanggal 8-12 Maret 2022. Ketika memasuki tahap penulisan bab satu, para siswa diberikan waktu selama satu minggu untuk mengerjakan. Revisi bab satu dan penulisan bab dua dilakukan pada tanggal 20 Maret sampai 9 April 2022. Penentuan metode penelitian, pengambilan data, dan pengolahan data dilakukan dalam rentang waktu satu bulan. Selama proses penelitian setiap kelompok akan dibina oleh seorang guru pembimbing. Setelah memperoleh persetujuan dari pembina, maka karya tulis ilmiah pun siap dipresentasikan.

Sementara itu, presentasi karya tulis ilmiah diselenggarakan pada 18 Mei 2022. Siswa-siswi sangat antusias dan mempersiapkan materi presentasi dengan baik. Setelah menjelaskan alur dan mempertahankan hasil penelitian di depan penguji, siswa mendapatkan feedback berupa saran perbaikan. Kemudian siswa diberikan kesempatan untuk merevisi karya tulis ilmiahnya. Hasil akhir dalam kegiatan penulisan karya ilmiah ini adalah diharapkan siswa dapat bersaing dalam kompetisi karya tulis ilmiah nasional “Madrasah Young Researchers Supercamp” (MYRES) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag RI.


1 thought on ldquo;MA Permata Ajak Asah Berpikir Kritis Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah”


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*


YouTube
Instagram
WhatsApp