SIT Permata Kota Mojokerto

Merangkai Harmoni dalam Keberagaman: Belajar dari Kepingan Puzzle Kehidupan

Dalam setiap kepingan puzzle yang beragam, terdapat pelajaran berharga tentang kehidupan. Dengan bentuk dan warna yang berbeda itu, setiap keeping puzzle memiliki perannya masing-masing untuk membentuk sebuah gambar yang utuh dan harmonis. Karena, Jika semua kepingan ini memiliki bentuk yang sama, pasti akan sulit untuk merangkai dan menyatukannya. Justru dengan bentuk-bentuk yang beda inilah bisa terangkai sesuatu yang utuh dan indah.

Saling Melengkapi dan Bekerja Sama

Begitupun dengan kehidupan ini, kita semua memiliki Bahasa, warna kulit, latar belakang, pemikiran, dan pengalaman yang berbeda, namun perbedaan itulah justru yang membuat kehidupan itu lebih berwarna dan tentunya sebagai tanda kebesaran dari Allah SWT.

Perbedaan itu Sunnatullah, Islam mengajarkan bahwa perbedaan adalah bagian dari kehendakNya. Kita harus menerima perbedaan sebagai anugerah dan menghargai keberagaman tersebut, Allah SWT berfirman: “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.(QS Al- Hujurat: 13)

Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah perbedaan bahasa yang diucapkan dengan mulut yang terdiri atas unsur yang sama: bibir, gigi, dan lidah; dan perbedaan warna kulit meski berasal dari sumber yang satu. Allah SWT berfirman: “Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasa dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berilmu. (QS Ar- Rum: 22)

Seperti kepingan puzzle, kita dapat bersatu untuk menciptakan harmoni dalam kehidupan. Mari kita belajar dari puzzle, untuk saling melengkapi dan bekerja sama meskipun dalam perbedaan. Yuk daftarkan ananda segera di SIT Permata Mojokerto melalui link: ppdb.sitpermata.id


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*