SIT Permata Kota Mojokerto

Qur’an Camp MA Permata Mojokerto: Growing Character With Shining Quran

Menjelang akhir tahun pelajaran 2021-2022, Tim Guru Al-Qur’an MA Permata menyelenggarakan kegiatan kemah yang dikemas dengan nama Qur’an Camp. Temanya adalah Growing Character with Shining Qur’an. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juni 2022 di Villa Anita Pacet yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MA Permata Mojokerto. 

Qur’an Camp memiliki tujuan untuk melejitkan kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an, sehingga mereka dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga harapannya, setelah mengikuti kemah ini siswa-siswi MA Permata tertanam asy-syu’ur Al-Qur’ani (perasaan qur’ani) dan semangat untuk memperbanyak tilawatil Qur’an serta menjadi seorang tahfizhul Qur’an. 

Peserta kemah Quran Camp MA Permata Mojokerto

Kegiatan Qur’an Camp dibuka oleh Ustadz Dafis Luqqy Muzakky, S.Pd. selaku Kepala MA Permata. Beliau memberikan motivasi kepada peserta Qur’an Camp agar lebih bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an. Sementara itu, peserta diberangkatkan dari sekolah pada Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. Lalu kembali lagi ke sekolah pada Selasa, 14 Juni 2022 pukul 12.00 WIB. Selama mengikuti Qur’an Camp, peserta dapat merasakan suasana dan atmosfer ala pesantren. Hal ini karena lokasi kegiatan yang berada di luar sekolah, penggunaan gadget yang dibatasi, dan pembiasaan berinteraksi secara intensif dengan Al-Qur’an. 

Adapun rangkaian kegiatan selama Qur’an Camp adalah sholat berjamaah, qiyamul lail, al-matsurat, senandung al-qur’an (ziyadah),  murojaah, mutiara hikmah, dan kultum. Selain itu, ada pula kegiatan berupa jalan-jalan dan games yang disertai dengan pembagian hadiah untuk peserta.

Peserta kemah Quran Camp MA Permata Mojokerto

Dari keseluruhan kegiatan Qur’an Camp yang telah terlaksana, Alhamdulillah peserta dapat ziyadah (menambah hafalan) dengan maksimal sesuai kemampuan masing-masing. 

Allahummarhamna Bil Quran.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*